Kamis, 05 Oktober 2017

Kabel Coaxial Dan Fungsinya



    Kabel Coaxial adalah merupakan media transmisi data dengan menyalurkan berbagai informasi yang diubah menjadi sinyal listrik. Jadi, dapat diartikan bahwa kabel Coaxial dan fungsinya adalah suatu media untuk transmisi data dan penyalurannya adalah melalui sinyal listrik. Kabel ini sering digunakan dalam dunia jaringan komputer. kabel Coaxial juga sering juga disebut sebagai kabel sesumbu.  Jadi, dengan kata lain kabel Coaxial dapat diartikan sebagai suatu media untuk transmisi data dan menyalurkannya melalui sinyal listrik. Kabel Coaxial dan fungsinya pada jaringan computer adalah merupakan media yang mampu menghubungkan antara satu perangkat keras komputer dengan perangkat lainnya, karena kabel Coaxial memiliki kecepatan yang baik sebagai transmisi data. Selain itu, kabel Coaxial juga memiliki fungsi lainnya, yakni membagi sinyal broadband atau sebuah sinyal dengan frekuensi tinggi.
Berikut adalah beberapa komponen dan bagian yang dimiliki oleh kabel Coaxial :




Pada bagian kabel Coaxial terdapat kabel tembaga yang berada di tengah, dimana kabel tersebut berfungsi sebagai media pengantar aliran listrik. Isolasi plastik, lapisan ini berfungsi sebagai pemisah antara kabel listrik tembaga dan lapisan metal yang membalutnya. Lapisan metal, lapisan ini berfungsi sebagai pelindung untuk bagian inti dari kabel, dan juga berfungsi sebagai  pelindung dari pengaruh gelombang elektromagnetik dari luar. Lapisan plastik terluar, atau biasa disebut pelindung luar. pada bagian ini adalah bagian yang melindungi keseluruhan komponen kabel yang berada di dalam, dan juga bagian yang langsung berhubungan dengan tangan manusia.
Kabel coaxial merupakan kabel jaringan yang dibungkus dengan metal yang lembek. Instalasi jaringan menggunakan kabel ini relatif lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan kabel UTP akan tetapi kecepatan akses pada kabel agak sedikit lebih lambat sehingga kebanyakan orang enggan untuk menggunakannya. Kabel coaxial lebih efisien digunakan untuk sistem jaringan dengan kapasitas yang sedikit karena kecepatan aksesnya yang mempunyai kecepatan yang sangat standar. tidak memungkinkan untuk digunakan pada jaringan dengan kapasitas yang besar. Fungsi Kabel Coxial dalam jaringan komputer adalah untuk menghubungkan perangkat-perangkat didalam jaringan komputer, misalnya untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. 

Kegunaan kabel coaxial adalah untuk melakukan transmisi data kecepatan tinggi dan juga digunakan untuk membagi sinyal broadband atau sinyal frekuensi tinggi. Kabel coaxial biasa kita temui pada alat-alat elektronik, contoh: kabel sambungan pada antena TV. Adapun Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak benar-benar diukur secara benar akan merusak NIC (Network Interface Card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Namun secara harga, bila dibandingkan dengan penggunaan kabel fiber optik, kabel coaxial memiliki kisaran harga yang lebih murah. Jangkauan serta kecepatan transmisi yang dimiliki oleh kabel Coaxial terhitung masih tinggi, meskipun juga masih memiliki beberapa batasan-batasan jangkauan tertentu. Kendala dalam proses instalasinya memang cukup kompleks, maka solusi untuk proses instalasi yang cukup kompleks dan rumit itu, memang diperlukan ketelitian untuk menyesuaikan ukuran dari kabel tersebut. Pemeliharaan dan perawatan juga merupakan faktor penting untuk menjaga daya tahan kabel. walaupun untuk kabel coaxial biaya pemeliharaan dan perawatan, bisa lebih mahal. Untuk perawatannya juga harus memperhatikan suhu, karena kabel coaxial Memiliki sifat yang rentan terhadap temperatur atau suhu di dalam kabel.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar